Jalur Khusus Via VPN dan Tunnelling

Bicara tentang security sebuah jaringan maka sedikit banyak kita membicarakan tentang sebuah jalur khusus yang di buat hanya untuk jaringan kita sendiri. Sementara media yang kita gunakan adalah media umum seperti internet maka tampaknya kita akan mengalami kesulitan jika kita menggunakannya. Hal ini banyak di implementasikan seperti perbankan sampai kepada perusahaan yang ingin mempunyai jalur khusus antar cabang ataupun keinginan khusus lainnya. Ketika kita telah mempunyai jalur umum seperti internet maka yang perlu kita atur adalah bagaimana dengan jalur khusus tersebut tidak di gunakan oleh sembarang orang seperti halnya internet.

Untuk itu istilah seperti Virtual Private Network (VPN) dan Tunelling mungkin menjadi solusi mujarab untuk permasalahan ini. Lalu mampukah Mikrotik RouterOS menjawabnya ?. Berikut adalah tutorialnya.

Baiklah, mari kita mulai untuk belajar bersama. Berikut adalah topologi kasus yang di berikan :

(Branch Office) LAN Bandung –> Server Sync —-> (ISP B) Internet (ISP A)<— Server <— LAN Jakarta ( Head Office)

Dari model diatas dapat di tarik sebuah kesimpulan bahwa server yang menjadi master dari jaringan berada di Jakarta.Dan jalur yang di lalui melalui 2 media yakni ISP A dan B . Kedua ISP tersebut pasti tersambung melalui media umum yakni internet. Lalu bagaimana untuk konfigurasi agar Kantor Bandung dapat mengakses fasilitas di Kantor Jakarta, padahal kedua network diatas terpisah oleh media public tersebut.

Ok, kita coba beberapa solusi. Pertama adalah solusi menggunakan IPIP TUnnell dimana istilah ini di kenal di mikrotik sebagai cara untuk melakukan pembungkusan atau istilah asingnya adalah enkapsulasi dari sebuah IP Address ke dalam sebuah IP Address lainnya dan kemudian mengirimkan/ meneruskan kembali kepada router/ network lainnya. IPIP mengimplementasikan tunnel menggunakan IP Protocol Versi 4 dan maksimum penggunaan hanya dalam 1 subnet atau 65535 IP.

1 Comment »

  1. bgung said

    ngomong-2 mengenai VPN neh. Misal akses klik bca bisnis via Lan di client. Apakah ini bisa membuat komputer lain bermasalah??Maksudnya apakah VPN ini menyerobot jaringan, sehingga jaringan jadi diskonek gitu misalnya.

RSS feed for comments on this post

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: